Manajemen

  MANAJEMEN


Pengertian Manajemen

Adalah proses merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan suatu kegiatan dalam mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien untuk menggunakan sumber daya organisasi.

Definisi Menurut Para Ahli
  • Mary Paker Follet, manajemen adalah sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
  • Ricky w. Griffin, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian,pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya dalam mencapai sasaran secara efektif dan efisien.
  • Henry Fayol, manajemen adalag ilmu yang memiliki gagasan atau 5 ide fungsi utama yakni merancang, memerintah, mengoganisir, mengendalikan dan mengkoordinasi.
  • Georgy R. Terry, manajemen adalah proses yang khas terdiri dalam suatu tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang dapat dilakukan dalam menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia juga pada sumber-sumber lain.
  • Eiji Ogawa, manajemen adalah sebuah perencanaan, pengimplementasian dan pengendalian pada setiap kegiatan yang dilakukan dari setiap perusahaan atau organisasi dalam menetapkan setiap sasaran yang disempurnakan sesuai pada kondisi yang fleksibel.

Fungsi Manajemen

1. Perencanaan (planning) adalah memikirkan sesuatu apa yang akan dikerjakan dengan pemikiran yang dimiliki.
2. Pengotganisasian (organizing)  dilakukan pada suatu tujuan dan membagi sebuah kegiatan besar menjadi lebih kecil.
3. Pengarahan (directing) adalah proses tindakan dalam mengusahakan semua anggota kelompok yang akan mencapai suatu sasaran sesuai pada perencanaan manajerial dan usaha.
4. Penempatan (staffing) hampir sama dengan sama dengan pengorganisasian tetapi lebih staffing lebih luas.
5. Mengkoordinasi (coordinating) adalah suatu fungsi yang tujuannya demi meningkatkan efesiensi dan efektifitas kinerja perusahaan, dinamis, dan lain-lain.
6. Mengontrol (controlling) pada fungsi ini ada beberapa elemen yang dibutuhkan, contohnya evaluasi dan membuat kebijakan baru.

Tujuan Manajemen
  1. Melaksanakan dan mengevaluasi strategi yang akan dipilih secara efektif dan efisien agar mencapai pada suatu tujuan.
  2. Mengevaluasi kinerja, meninjau, dan mengkaji situasi kemudian melakukan penyesuaian dan koreksi jika ada sesuatu penyimpangan pada suatu pelaksanaan strategi.
  3. Dapat memperbarui strategi yang dirumuskan untuk sesuai pada perkembangan lingkungan eksternal.
  4. Dapat meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada peluang yang adan.
  5. Dapat melakukan inovasi atas kegiatan  sehingga dapat lebih terartur.

Unsur Manajemen



  1. Human (manusia) manusia merupakan faktor yang paling menentukan. Karena manusialah yang melakukan proses untuk mencapai tujuan.
  2. Money (uang) uang merupakan alat yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional.
  3. Materials (bahan) materi dan manusia tidak dapat dipisahkan, maka dari itu manajemen juga membutuhkan unsur ini.
  4. Machines (mesin) mesin akan mempermudah proses kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan dalam waktu yang efisien. Serta pengerjaan yang efektif.
  5. Methods (metode) metode merupakan cara kerja yang baik dan akan memperlancar jalannya pekerjaan dalam mencapai tujuan.
  6. Market (pasar) market merupakan tempat untuk menyebarkan hasil produksi yang dapat dikuasai melalui kualitas dan harga barang yang sesuai dengan selera konsumen.

Prinsip Manajemen

1. Pembagian Kerja (Division of work)
2. Otoritas dan Tanggung jawab (Authority and responsibility)
3. Disiplin (Discipline)
4. Kesatuan Komando (Unity of command)
5. Kesatuan Arah (Unity of direction)
6. Subordinasi Kepentingan Individu
7. Penggajian (Remuneration)
8. Pemusatan (The Degree of Centralization)
9. Hirarki (Scalar Chain)
10. Ketertiban (Order).
11. Keadilan dan Kejujuran (Equity).
12. Stabilitas kondisi karyawan ( Stability of Tenure of Personnel )
13. Inisiatif (Initiative)
14. Semangat kesatuan (Esprit de Corps)

Tingkatan Manajemen




  1. Manajemen puncak [Top Level of Management] adalah tingkatan manajemen paling atas dan memiliki otoritas tertinggi pada  sebuah organisasi perusahaan dan bertanggung jawab langsung kepada pemilik perusahaan.
  2. Manajemen tingkat menengah [Middle Level of Management] manajemen tingkat menengah berada pada tengah-tengah dari hirarki manajemen pada sebuah perusahaan.
  3. Manajemen lini pertama [Firt line Management] adalah tingkatan manajemen paling rendah dan bertugas untuk memimpin dan mengawasi kinerja tenaga operasional.

Fungsi Manajemen Menurut Beberapa Tokoh
  • Jhon F. Mee 
1. Planning (perencanaan)
2. Organizing (pengorganisasian)
3. Motivating (motivasi)
4. Controlling (pengawasan)
  • Louis A. Allen
1. Leading (kepemimpinan)
2. Planning (perencanaan)
3.organizing (menyusun)
4. Controlling (mengawas)
  • Dalton E. M. C. Farlang
1. Planning (perencanaan)
2. Organizing (pengorganisasian)
3. Controlling (pengaturan)
  • Jhon D. Millet
1. Directing (pengarahan)
2. Facillitating (pemberian fasilitas)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The story of toba lake in happy ending

BUMN & BUMD